kang supray blog

"Sumber dari segala macam bencana dan kutukan terhadap umat manusia adalah kebodohan dan ketidakmengertian. Sumber dari terciptanya peradaban tinggi adalah masyarakat yang menghormati pendidikan"

Selasa, 26 Januari 2010

Berkenalan dengan ubuntu 9.10

Berkenalan dengan linux emang bikin penasaran, dah free n bnyak yang bisa dipelajari. Emang awalnya sulit n banget, btw semakin lama semakin menarik. Palagi klo lagi buntu pikiran mbah google selalu siap sedia u/ membantu...hehe
pengen nambah aplikasi, tinggal colok modem and cari nama aplikasi di google, install dech...g repotkan.
Btw kemarin dulu, pernah dibikin stress, gara install aplikasi tp g tau pasti tujuan install aplikasi tsb, alhasil error, solusi instal ulang..wkwk.seru and menantang.

Adapaun pengalaman install dual boot, Win Xp vs ubuntu carmic...wow bikin mumet, pasalnya di hardisk ada file skripsi my brother...wkwk..takut ilang alias ke format, tapi Alhamdulillah, Tuhan masih sayang, jadi bisa sukses n g ilang data skripsinya, tapi harus ditebus data ane sendiri yang ilang..hakz, btw gpp asal dapet ilmunya no problem.

Adapun pengalaman instal ubuntu carmic dengan dual boot vs XP adalah sebagai berikut :
1. Yang jelas sudah ada PC, lengkap berserta pendukungnya
2. Install dulu Win XP nya ampe selesai, dah jadi rahasia umum kan klo XP
3. Baru kita maen instal ubuntu, yang perlu disiapin ya jelasnya CD eh DVD OS ubuntu donk bisa download ato beli...hehe, untuk infonya bisa tanya guru besar mbah google aja.
4. Nah tahap install ubuntu ini, agak menegangkan pasalnya kita baru kenal n lom pernah pake sama sekali yg namanya ubuntu...maklum masih windows n windows tiap harinya yang dipake..g dikantor , kampus and kosan.

masukin DVD nya dan tunggu ampe muncul menu installnya, pertama kali akan ada pilihan bahsa yang bisa ane situ pahami.







5.Habis itu baru milih model installnya, klo masi ragu pilih option pertama aja biar qta untuk trial live CD, pilihan ini g aka ngubah apapun. Dan kalo dah siap lahir n bathin baru pilih option ke-2.












6. Langkah selanjutnya adalah masuk option milih bahasa apa yang akan dipake di ubuntu yang mo diinstall, habis itu baru forward.











7. Pilih standard keyboard yang mo dipake dan forward.













8.Tahap selanjutnya nich yg paling penting dan menentukan nasib data ente, salah pilih 2012 pasti dijamin melanda data saudara...hehe. But don't worry, take esay.

Pada tahap ini klo PC ente lom ada OS yang bercokol, maka akan ada 3 pilihan








Dan kalo di PC anda dah ada OSnya akan ada 4 pilihan, nah pada tahap ini klo di PC anda ada data penting juga so pilih yang paling bawah alias yang manual aja.










9. Tahap selanjutnya adalah tahap partisi root dan area swapnya, ini perlu perencanaan aja, kata sobatq yg notabene lebih canggih dalam ilmu perlinuxan, dia nyaranin klo swap itu size nya 2x dari hardware memory, and maksimal 2G, so pada saat instal q pake 2G lebih dikit pasalnya memory q 3G.










10.Masukin hostname PC anda beserta password tentunya












11. Tahap selanjutnya adalah install dan tunggu sampe selesai dan muncul perintah restart. Dan selesai dech, login dengan username dan password yang anda buat sebelumnya.




12. Perlu diinget, klo chipset mainboard anda intel (seperti milik saya) kemungkinan besar tidak akan ke detect ma ubuntu, so kesan pertama login adalah jengkel setengah mati. Pasalnya habis capek-capek instal, eh ngehang. Tapi jangan kawatir klikkanan disembarang dekstop, trus pilih option "Change dekstop background", dan pilih visual effect dan pilih option normal, trus enjoy ubuntu dech. Btw jgn seneng dulu ..haha, klo soundcard anda lom kedetect, ya kaya kuburan hehe..g ada hiburan alias tidak ada suara kalo souncard anda gak kedetect. Solusinya cari drivernya, tapi jgn kawatitr mbah google selalu siap sedia membantu anda. Pada PC saya memakai driver yang sesuai alsa-driver-1.0.14, untuk gimana caranya nanti saya sambung lagi. Tapi klo anda mau cari di forum-forum ubuntu jg banyak.
Selesai dech.
Enjoy opensource, dan minimalkan pembajakan..hehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar